Pengertian dan Prinsip Metode

PENGERTIAN dan PRINSIP METODE

Pengertian Metode
Metode secara bahasa berarti cara yang teratur untuk mencapai suatu maksud.[1] Menurut Zakiyah Darajat, metode adalah suatu cara kerja yang sistematis dan umum.[2] Metode juga bisa diartikan sebagai cara yang digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan materi dengan menggunakan bentuk tertentu, seperti ceramah, amtsal, dan lain lain.[3] Metode adalah rencana menyeluruh yang berkenaan dengan penyajian bahan/materi pelajaran secara sistematis dan metodologis serta didasarkan atas suatu pendekatan. Jika metode tersebut dikaitkan dengan pendidikan Islam, dapat membawa arti metode sebagai jalan pembinaan pengetahuan, sikap dan tingkah laku sehingga terlihat dalam pribadi subjek dan obyek pendidikan, yaitu pribadi Islami.  Selain itu, metode dapat membawa arti sebagai cara untuk memahami, menggali dan mengembangkan ajaran Islam, sehingga terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman
Prinsip Metode
Prinsip-prinsip dalam metode utamanya harus mengacu pada faktor perkembangan kemampuan siswa. Prinsip-prinsip tersebut antara lain sebagai berikut:
-       Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk belajar mandiri (independent study). 
-       Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk belajar secara bekerja sama (cooperative learning). 
-       Metode mengajar harus memungkinkan dapat mengakibatkan rasa ingin tahu siswa lebih jauh terhadap materi pelajaran (curiosity). 
-       Metode mengajar harus harus memungkinkan dapat memberikan peluang untuk berekspresi yang kreatif dalam aspek seni. 
-       Metode mengajar harus memungkinkan siswa belajar melalui pemecahan masalah. 
-       Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk selalu ingin menguji kebenaran sesuatu (sikap skeptis). 
-       Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk melakukan penemuan (berinkuiri) terhadap sesuatu topik permasalahan. 
-       Metode mengajar harus memungkinkan siswa mampu menyimak. 

-       Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk belajar mandiri untuk lebih termotivasi dalam belajarnya. 





[1] W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta, Balai Pustaka, 1999), h. 649
[2] Zakiyah Darajat, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta, Bumi Aksara, 2008), h. 1
[3] Moh. Roqib, Ilmu Pendidikan...,h. 91

Related Posts:

0 Response to "Pengertian dan Prinsip Metode"