INOVASI KURIKULUM
tulisan ini membahas tentang pengertian inovasi, pengertian inovasi kurikulum, makna umum dari kata inovasi, innovation
1.
Pengertian
inovasi
Makna
umum kata inovasi
ditinjau dari segi
bahasa adalah Mengadakan perubahan-perubahan (make
changes) dan memperkenalkan sesuatu yang baru (introduce new
thing).[1]
Sedangkan dalam kamus
Besar Bahasa Indonesia, inovasi diartikan
pengenalan hal-hal yang
baru; penemuan baru yang berbeda dari
yang sudah ada atau yang sudah
dikenal sebelumnya.[2]
Sementara dalam kamus ilmiah populer
yang dimaksud inovasi
adalah perubahan yang
menuju pada pembaharuan.[3]
Menurut Wina Sanjaya,
inovasi adalah sesuatu yang baru dalam situasi tertentu yang digunakan untuk
menjawab atau memecahkan suatu permasalahan. Sesuatau yang baru itu bisa berupa
ide, gagasan, benda, atau tindakan.[4] Sedangkan
menurut Kusmana inovasi adalah membuat perubahan atau memperkenalkan
sesuatu yang baru.[5]
Inovasi diadopsi
dari bahasa Inggris
yang berasal dari
kata innovation,
artinya adalah segala
hal yang baru
atau pembaharuan, dan
ada pula yang menyebut dengan istilah penemuan yang dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah discovery dan invention, karena
ditemukannya sesuatu yang
baru, baik yang baru
dalam arti rekayasa
atau yang memang
benar-benar baru karena tidak ada sebelumnya.[6]
Sedangkan
menurut Hamidjojo istilah pokok
dalam inovasi dapat
diuraikan menjadi beberapa pengertian sebagai berikut:
a.
Baru dapat
diartikan apa saja
yang belum dipahami,
diterima atau dilaksanakan oleh
penerima inovasi.
b.
Inovasi dalam
istilah kualitatif berarti kemungkinan, adanya organisasi atau pengaturan kembali unsur pendidikan, bahkan sekedar pengumpulan atau penambahan dari
unsur-unsur yang sudah ada.
c.
Sesuatu yang
diinovasikan pada hakikatnya adalah ide
atau rangkaian ide, inovasi bercorak mental.
d.
Inovasi dapat
bermakna perubahan ke arah yang lebih baik.
e.
Kemampuan disini
dimaksudkan kemampuan sumber-sumber
tenaga, uang dan sarana, termasuk struktur dan prosedur organisasi.[7]
Dari
berbagai macam pengertian
inovasi di atas
dapat di ambil
suatu benang merah bahwa dalam istilah inovasi terkandung sesuatu yang baru, baik itu pembaharuan,
penerimaan ide atau
sesuatu yang baru,
adanya kesediaan untuk melakukan
sesuatu yang baru
yang dianggap lebih
baik dari pada keadaan sebelumnya.
2.
Pengertian
inovasi kurikulum
Inovasi kurikulum berarti
suatu ide, gagasan, atau tindakan tindakan tertentu dalam bidang kurikulum yang
dianggap baru untuk memecahkan masalah pendidikan.[8]
Inovasi kurikulum
dilakukan sebagai upaya mengatasi berbagai persoalan di bidang pendidikan.
Inovasi kurikulum pada 2004, misalnya, merupakan indikasi muaknya dunia
pendidikan di Indonesia dengan silih bergantinya kurikulum. Setiap terjadi
masalah pendidikan di Indonesia, sering kali yang disalahkan adalah kurikulum.
Seakan-akan kurikulum adalah lampu Aladin untuk membenahi pendidikan nasional.[9]
Kurikulum mempunyai
kedudukan sentral dalam seluruh proses pendidikan. Kurikulum mengarahkan segala
bentuk aktifitas pendidikan demi tercapainya tujuan-tujuan pendidikan.
Kurikulum juga merupakan suatu rencana pendidikan, memberikan pedoman dan
pegangan tentang jenis, lingkup dan urutan isi, serta proses pendidikan.[10]
[1] Rhoviq, Dip. T. 1982. Menyusuri
Jalur Pembangunan dan Inovasi Pendidikan
di Kawasan Dunia Ketiga. Surabaya: Usaha Nasional, hlm.125
[2] Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2002. Jakarta: Balai
Pustaka. Edisi III, hlm. 435.
[3] Widodo. 2002. Kamus Ilmiah Populer
. Yogyakarta: Absolut, hlm. 234.
[4] Sanjaya, Wina. (2009)., Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana
Prenada. hal. 217
[5] Kusmana, Suherli, Ciamis :
pascasarjana unigal press, 2010, hal. 4.
[6] Komariah, Aan
dan Triatna, Cepi.
2005. Visionary
Leadership Menuju Sekolah Efektif . Jakarta.:PT. Bumi
Aksara., hlm. 19
[7] Sabari. 1992. Sekelumit Tentang
Inovasi Pendidik an. Wahana. IV(2), hlm. 37-38
[9] Tilaar, Pendidikan Kebudayaan
Dan Masyarakat Madani Indonesia, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2000, hal. 362
[10] Sukmadinata, Nana Syaodih. (2001), Pengembangan Kurikulum: Teori dan
Praktik, Bandung: Rosdakarya., hal. 4
0 Response to "INOVASI KURIKULUM"
Post a Comment