INOVASI KURIKULUM

INOVASI KURIKULUM
    tulisan ini membahas tentang pengertian inovasi, pengertian inovasi kurikulum, makna umum dari kata inovasi, innovation
1.    Pengertian inovasi
Makna  umum  kata  inovasi  ditinjau  dari  segi  bahasa  adalah  Mengadakan perubahan-perubahan (make changes) dan memperkenalkan sesuatu yang baru (introduce  new  thing).[1] Sedangkan  dalam  kamus  Besar  Bahasa  Indonesia, inovasi  diartikan  pengenalan  hal-hal  yang  baru;  penemuan  baru  yang  berbeda dari  yang sudah ada atau  yang sudah dikenal sebelumnya.[2] Sementara dalam kamus  ilmiah  populer  yang  dimaksud  inovasi  adalah  perubahan  yang  menuju pada pembaharuan.[3]
Menurut Wina Sanjaya, inovasi adalah sesuatu yang baru dalam situasi tertentu yang digunakan untuk menjawab atau memecahkan suatu permasalahan. Sesuatau yang baru itu bisa berupa ide, gagasan, benda, atau tindakan.[4] Sedangkan  menurut Kusmana inovasi adalah membuat perubahan  atau memperkenalkan sesuatu yang baru.[5]
Inovasi  diadopsi  dari  bahasa  Inggris  yang  berasal  dari  kata  innovation, artinya  adalah  segala  hal  yang  baru  atau  pembaharuan,  dan  ada  pula  yang menyebut dengan istilah penemuan  yang dalam bahasa  Inggris disebut dengan istilah  discovery  dan  invention,  karena  ditemukannya  sesuatu  yang  baru,  baik yang  baru  dalam  arti  rekayasa  atau  yang  memang  benar-benar  baru  karena tidak ada sebelumnya.[6]
Sedangkan  menurut Hamidjojo  istilah  pokok  dalam  inovasi  dapat  diuraikan  menjadi  beberapa pengertian sebagai berikut:
a.    Baru  dapat  diartikan  apa  saja  yang  belum  dipahami,  diterima  atau dilaksanakan oleh penerima inovasi.
b.    Inovasi  dalam  istilah  kualitatif  berarti  kemungkinan, adanya  organisasi atau  pengaturan kembali  unsur pendidikan, bahkan  sekedar pengumpulan atau penambahan dari unsur-unsur yang sudah ada.
c.    Sesuatu yang diinovasikan pada hakikatnya  adalah  ide  atau  rangkaian  ide, inovasi bercorak mental.
d.   Inovasi dapat bermakna perubahan ke arah yang lebih baik.
e.    Kemampuan  disini  dimaksudkan  kemampuan  sumber-sumber  tenaga, uang dan sarana, termasuk struktur dan prosedur organisasi.[7]
Dari  berbagai  macam  pengertian  inovasi  di  atas  dapat  di  ambil  suatu benang merah bahwa dalam istilah inovasi terkandung sesuatu  yang baru, baik itu  pembaharuan,  penerimaan  ide  atau  sesuatu  yang  baru,  adanya  kesediaan untuk  melakukan  sesuatu  yang  baru  yang  dianggap  lebih  baik  dari  pada keadaan sebelumnya.
2.    Pengertian inovasi kurikulum
Inovasi kurikulum berarti suatu ide, gagasan, atau tindakan tindakan tertentu dalam bidang kurikulum yang dianggap baru untuk memecahkan masalah pendidikan.[8]
Inovasi kurikulum dilakukan sebagai upaya mengatasi berbagai persoalan di bidang pendidikan. Inovasi kurikulum pada 2004, misalnya, merupakan indikasi muaknya dunia pendidikan di Indonesia dengan silih bergantinya kurikulum. Setiap terjadi masalah pendidikan di Indonesia, sering kali yang disalahkan adalah kurikulum. Seakan-akan kurikulum adalah lampu Aladin untuk membenahi pendidikan nasional.[9]
Kurikulum mempunyai kedudukan sentral dalam seluruh proses pendidikan. Kurikulum mengarahkan segala bentuk aktifitas pendidikan demi tercapainya tujuan-tujuan pendidikan. Kurikulum juga merupakan suatu rencana pendidikan, memberikan pedoman dan pegangan tentang jenis, lingkup dan urutan isi, serta proses pendidikan.[10]




[1] Rhoviq, Dip. T. 1982. Menyusuri Jalur  Pembangunan dan Inovasi Pendidikan di Kawasan Dunia Ketiga. Surabaya: Usaha Nasional, hlm.125
[2] Kamus Besar  Bahasa Indonesia. 2002. Jakarta: Balai Pustaka. Edisi III, hlm. 435.
[3] Widodo. 2002. Kamus Ilmiah Populer . Yogyakarta: Absolut, hlm. 234.
[4] Sanjaya, Wina. (2009)., Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana Prenada. hal. 217
[5] Kusmana, Suherli, Ciamis : pascasarjana unigal press, 2010, hal. 4.
[6] Komariah,  Aan  dan  Triatna,  Cepi.  2005.  Visionary Leadership  Menuju  Sekolah Efektif . Jakarta.:PT. Bumi Aksara., hlm. 19
[7] Sabari. 1992. Sekelumit Tentang Inovasi Pendidik an. Wahana. IV(2), hlm. 37-38
[8] Sanjaya, Wina. (2009)., Kurikulum..., hal. 217
[9] Tilaar, Pendidikan Kebudayaan Dan Masyarakat Madani Indonesia, Bandung : PT Remaja   Rosdakarya, 2000, hal. 362
[10] Sukmadinata, Nana Syaodih. (2001), Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik, Bandung: Rosdakarya., hal. 4

Related Posts:

0 Response to "INOVASI KURIKULUM"