PENGERTIAN PENDIDIKAN
tulisan ini membahas tentang pengertian pendidikan menurut berbagai sumber.
Pendidikan dalam bahasa inggris diterjemahkan dengan kata education. Menurut Frederick J. MC. Donald pendidikan adalah : “Education in the sense used here, is a process or an activity which is directed at producing desirable changes in the behavior of human being”[1] (pendidikan adalah proses yang berlangsung untuk menghasilkan perubahan yang diperlukan dalam tingkah laku manusia).
Pendidikan dalam bahasa inggris diterjemahkan dengan kata education. Menurut Frederick J. MC. Donald pendidikan adalah : “Education in the sense used here, is a process or an activity which is directed at producing desirable changes in the behavior of human being”[1] (pendidikan adalah proses yang berlangsung untuk menghasilkan perubahan yang diperlukan dalam tingkah laku manusia).
Pendidikan dalam
bahasa arab disebut dengan istilah tarbiyah berasal dari kata kerja rabba,
merupakan derivasi dari kata rabb, seperti dinyatakan dalam surah
al-Fatihah ayat 2 yang berarti Allah tuhan semesta alam, yaitu tuhan yang
mengatur dan mendidik seluruh alam. Secara terminologis, diartikan sebagai
proses perbaikan, penguatan, dan penyempurnaan terhadap semua kemampuan dan
potensi manusia. [2]
Menurut H. M Arifin,
pendidikan adalah usaha orang dewasa secara sadar untuk membimbing dan
mengembangkan kepribadian serta kemampuan dasar anak didik baik dalam bentuk pendidikan
formal maupun non formal.[3]
Adapun menurut Ahmad D. Marimba, pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar
oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju
terbentuknya kepribadian yang utama.[4]
Adapun pengertian
pendidikan menurut Soegarda Poerbakawatja ialah semua perbuatan atau usaha dari
generasi tua untku mengalihkan pengetahuannya, pengalamannya, kecakapannya, dan
ketrampilannya kepada generasi muda. Sebagai usaha menyiapkan agar dapat
memenuhi fungsi hidupnya baik jasmani maupun rohani.[5]
Dari beberapa
pendapat yang telah diuraikan secara terperinci dapat disimpulkan bahwa
pendidikan pada hakekatnya merupakan usaha manusia untuk dapat membantu,
melatih, dan mengarahkan anak melalui transmisi pengetahuan, pengalaman, intelektual,
dan keberagamaan orang tua (pendidik) sesuai dengan fitrah manusia supaya dapat
berkembang sampai pada tujuan yang dicita-citakan yaitu kehidupan yang sempurna
dengan terbentuknya kepribadian yang utama.
Nilai pendidikan merupakan batasan segala sesuatu yang
mendidik ke arah kedewasaan, bersifat baik maupun buruk sehingga berguna bagi
kehidupan manusia yang diperoleh melalui proses pendidikan. Jika dihubungkan
dengan eksistensi dan kehidupan manusia, nilai-nilai pendidikan diarahkan pada
pembentukan pribadi manusia sebagai mahluk individu, sosial, religius, dan
berbudaya.
[1] Frederick J.
MC. Donald, Educational Psychology, (Tokyo: Overseas Publication LTD,
1959), h. 4
[2] Moh. Roqib, Ilmu
Pendidikan Islam, (Yogyakarta, LKIS, 2009), h. 14
[3] HM. Arifin, Hubungan
Timbal Balik Pendidikan Agama, (Jakarta : Bulan Bintang, 1976) h. 12
[4] Ahmad D.
Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan (Bandung : Al Ma’arif, 1989) h.
19.
[5] Soegarda
Poerbakawatja, et. al. Ensiklopedi Pendidikan, (Jakarta : Gunung Agung,
1981) h. 257
1 Response to "pengertian pendidikan"
ijin walking
pustaka-pendidikan.blogpost.co.id
makasi gan
semoga menjadi referensi
Post a Comment