HAKEKAT DARI ILMU HAKEKAT

HAKEKAT DARI ILMU HAKEKAT

berikut sedikit ulasan tentang hakekat dari yang dinamakan ilmu hakekat, tidak terlalu luas pembahasannya, karena keterbatasan referensi, tetapi bisa menjadi tambahan wawasan bagi kita.
Dalam pengajian Ilmu Hakekat berulang kali di katakan agar TIDAK mendatangi atau menyampaikan pengetahuan ini kepada Ulama Syareat dan di anjurkan hanya bertanya, berguru kepada ahli Hakekat lagi Makrifat lagi Mursyid saja.

Selain dari cara Syareat dan cara Tarekat, terdapat satu lagi cara untuk merapatkan hubungan dengan tuhan yaitu dengan cara Hakekat.

Cara hakekat merupakan cara yang ketiga yaitu satu cara mendalami ilmu dengan menyelami dan mengenali diri sendiri, yang merupakan satu-satu-nya jalan yang dilalui oleh wali-wali Allah, ariffinbillah dan para aulia.

Mereka yang menjalani pengajian ilmu hakiki ini akan ber-iktiar dengan tekun dan tabah untuk merapatkan hubungan dirinya dengan Allah dengan cara membongkar, menyelidiki dan menyaksikan diri sendiri yaitu diri rahasia yang di tanggung oleh dirinya dan berusaha untuk membentuk dirinya menjadi KAMIL MULKAMIL.

Bagi mereka yang ingin melalui cara hakiki ini di sarankan terlebih dahulu melalui cara Tarekat, hingga dia berhasil membersihkan dirinya dari segala bentuk syirik “saghir”, syirik “khafi” dan syirik “jalli.”

Mereka hendaklah menjalani perguruan dengan guru-guru hakiki dan makrifat serta muryid yang mempunyai pengetahuan yang luas serta mencapai pula ke tahap martabatnya.

Untuk pengetahuan lebih jelas silahkan bertanya dengan guru-guru makrifat lagi mursyid masing.

Orang-orang hakiki yang sampai pada martabatnya bukan saja mulia di sisi Allah tetapi mendapat kemulian juga di tengah masyarakat. Adalah perlu ditegaskan di sini bahwa akhir pengajian HAKEKAT adalah untuk megembalikan diri Asal Mu ke semula yaitu Allah pada Zahir dan Batin. Tiada sesuatu apapun pada dirinya kecuali Allah semata-mata.

Untuk itu pengajian hakekat ini harus ada kesinambungan dengan pengajian Makrifat. Sesungguhnya kata hakekat dan makrifat dua perkataan yang tidak bisa di pisahkan.

ANASIR DIRI

Anasir ALLAH
Dzat, Sifat, Asma, Af’’al
Anasir MUHAMMAD
Awal, Akhir, Dzahir, Batin
Anasir HAMBA
Rahasia, Nyawa, Hati, Tubuh
Anasir ADAM
Api, Angin, Air, Tanah

MENG-ESA-KAN ALLAH DALAM RAGAM DIRI
Awal Muhammad itu Nurnya
Akhir Muhammad itu Ruhaninya
Dzahir Muhammad itu Rupanya
Batin Muhammad itu Dzatnya

U R A I A N
Rahasia hamba itu Batin Muhammad
Batin Muhammad itu Dzat Allah
Dzat Allah itu Rahasia hamba
Nyawa hamba itu Awal Muhammad
Awal Muhammad itu Sifat Allah
Sifat Allah itu Nyawa hamba
Hati hamba itu Akhir Muhammad
Akhir Muhammad itu Asma Allah
Asma Allah itu Hati hamba
Tubuh hamba itu Dzahir Muhammad
Dzahir Muhammad itu Af’’al Allah
Af’’al Allah itu Tubuh hamba.  

Related Posts:

0 Response to "HAKEKAT DARI ILMU HAKEKAT"