Aliran aliran baru dalam dunia pendidikan

ALIRAN ALIRAN BARU DALAM DUNIA PENDIDIKAN

aliran aliran pendidikan yang dikategorikan sebagai aliran baru (perbandingan dari aliran konvensional sebelumnya) ada 4 macam, yaitu; pengajaran alam sekitar, pengajaran pusat perhatian, sekolah kerja (pendidikan individu & sosial), dan pengajaran proyek. keempat aliran tersebut akan dibahas di bawah ini.
Aliran “baru” dalam pendidikan tidak lagi mempersoalkan perlu atau tidak perlunya pendidikan bagi individu yang perlu dikembangkan adalah bagaimana menyelenggarakan pendidikan yang benar-benar bermanfaat secara maksimal bagi individu yang sedang berkembang itu dan bagi lingkungan atau masyarakatnya. Disini kita akan membahas beberapa aliran “baru” dalm pendidikan. bahan-bahan dalam buku Agus Suyono (1958 dan 1980) dipakai sebagai bahan acuan dalam tulisan ini:
- Pengajaran Alam Sekitar
Konsep pengajaran alam sekitar diilhami oleh kata-kata yang dipetik dari Emmanuel Kant: “Pengertian tanpa pengamatan adalah kosong dan pengamatan tanpa pengertian adalah buta.” Hal ini berarti bahwa antara pengamatan dengan dan pengertian harus terjalin hubungan yang saling menunjang dan saling memperkuat. Artinya manusia hendaknya mampu memanfaatkan lingkungannya.Langkah-langkah pokok pengajaran ini ialah menetapkan tujuan, mengadakan persiapan, melakukan pengamatan, dan mengolah apa yang diamati. Keuntungan Pengajaran Alam Sekitar adalah-Menentang verbalisme dan intelektualisme. Dapat membangkitkan perhatian spontan dari anak -anak untuk melakukan kegiatan dengan sepenuh hati. Anak-anak selalu didorong untuk aktif dan kreatif. Bahan yang diajarkan dapat mempunyai nilai praktis bagi anak-anak Salah seorang tokoh pengajaran alam sekitar ialah J. Ligthart (1859-1916) seorang ahli pendidikan bangsa Belanda. Pengajaran alam sekitar ini dinamakan “Pengajaran barang sesungguhnya”.
- Pengajaran Pusat Perhatian
Pengajaran pusat perhatian didasarkan alam sekitar yang objek-objek pengamatannya dititik-beratkan pada sesuatu pusat tertentu, yaitu hal-hal yang menarik perhatian manusia dalam menjalani perkembangan hidupnya. O. Declroy (1871-1932) seorang ahli pendidikan bangsa Belgia yang menjadi tokoh pengajaran pusat perhatiahan mengaitkan kebutuhan anak dengan empatinstink pokok yang ada pada diri anak, yaitu instink untuk makan, untuk memiliki dan mempertahankan, untuk melindungi diri dari bahaya dan untuk aktif.
- Sekolah kerja ( pendidikan individu dan sosial)
Aliran ini memandang penting antara seorang individu dengan masyarakat dalam menunjang proses pendidikan, dalam hal ini pendidikan harus seimbang  yaitu untuk kepentingan individu dan untuk kepentingan masyarakat, bagi seorang individu harus di bina agar dirinya dapat berkembang secara penuh menyumbangkan kepandaian, kecakapan dan kemampuannya untuk kepentingan masyarakat, dan sebaliknya masyarakat harus rela menyediakan sesuatu agar setiap warganya dapat mencapai tingkat perkembangan.
- Pengajaran Proyek
W.H Kalipatrik (1871) yang menyelenggarakan suatu system pengajaran proyek prinsip dasarnya bahwa pengajaran itu harus aktif ilmiah dan memasyarakat. Proyek pada dasarnya adalah tugas yang harus dipecahkan melalui suatu rencana dan penyelenggaraan kegiatan secara baik. Langkah-langkah Pokok Pengajaran Proyek yaitu :

1. Persiapan
2. Kegiatan Belajar
3. Penilaian

Related Posts:

0 Response to "Aliran aliran baru dalam dunia pendidikan"