INOVASI KURIKULUM
    tulisan ini membahas tentang pengertian inovasi, pengertian inovasi kurikulum, makna umum dari kata inovasi, innovation
1.   
Pengertian
inovasi
Makna 
umum  kata  inovasi 
ditinjau  dari  segi 
bahasa  adalah  Mengadakan perubahan-perubahan (make
changes) dan memperkenalkan sesuatu yang baru (introduce  new 
thing).[1]
Sedangkan  dalam  kamus 
Besar  Bahasa  Indonesia, inovasi  diartikan 
pengenalan  hal-hal  yang 
baru;  penemuan  baru  yang  berbeda dari 
yang sudah ada atau  yang sudah
dikenal sebelumnya.[2]
Sementara dalam kamus  ilmiah  populer 
yang  dimaksud  inovasi 
adalah  perubahan  yang 
menuju pada pembaharuan.[3]
Menurut Wina Sanjaya,
inovasi adalah sesuatu yang baru dalam situasi tertentu yang digunakan untuk
menjawab atau memecahkan suatu permasalahan. Sesuatau yang baru itu bisa berupa
ide, gagasan, benda, atau tindakan.[4] Sedangkan 
menurut Kusmana inovasi adalah membuat perubahan  atau memperkenalkan
sesuatu yang baru.[5]
Inovasi  diadopsi 
dari  bahasa  Inggris 
yang  berasal  dari 
kata  innovation,
artinya  adalah  segala 
hal  yang  baru 
atau  pembaharuan,  dan 
ada  pula  yang menyebut dengan istilah penemuan  yang dalam bahasa  Inggris disebut dengan istilah  discovery  dan  invention,  karena 
ditemukannya  sesuatu  yang 
baru,  baik yang  baru 
dalam  arti  rekayasa 
atau  yang  memang 
benar-benar  baru  karena tidak ada sebelumnya.[6]
Sedangkan 
menurut Hamidjojo  istilah  pokok 
dalam  inovasi  dapat 
diuraikan  menjadi  beberapa pengertian sebagai berikut:
a.   
Baru  dapat 
diartikan  apa  saja 
yang  belum  dipahami, 
diterima  atau dilaksanakan oleh
penerima inovasi.
b.   
Inovasi  dalam 
istilah  kualitatif  berarti  kemungkinan, adanya  organisasi atau  pengaturan kembali  unsur pendidikan, bahkan  sekedar pengumpulan atau penambahan dari
unsur-unsur yang sudah ada.
c.   
Sesuatu yang
diinovasikan pada hakikatnya  adalah  ide 
atau  rangkaian  ide, inovasi bercorak mental.
d.  
Inovasi dapat
bermakna perubahan ke arah yang lebih baik.
e.   
Kemampuan  disini 
dimaksudkan  kemampuan  sumber-sumber 
tenaga, uang dan sarana, termasuk struktur dan prosedur organisasi.[7]
Dari 
berbagai  macam  pengertian 
inovasi  di  atas 
dapat  di  ambil 
suatu benang merah bahwa dalam istilah inovasi terkandung sesuatu  yang baru, baik itu  pembaharuan, 
penerimaan  ide  atau 
sesuatu  yang  baru, 
adanya  kesediaan untuk  melakukan 
sesuatu  yang  baru 
yang  dianggap  lebih 
baik  dari  pada keadaan sebelumnya.
2.   
Pengertian
inovasi kurikulum
Inovasi kurikulum berarti
suatu ide, gagasan, atau tindakan tindakan tertentu dalam bidang kurikulum yang
dianggap baru untuk memecahkan masalah pendidikan.[8]
Inovasi kurikulum
dilakukan sebagai upaya mengatasi berbagai persoalan di bidang pendidikan.
Inovasi kurikulum pada 2004, misalnya, merupakan indikasi muaknya dunia
pendidikan di Indonesia dengan silih bergantinya kurikulum. Setiap terjadi
masalah pendidikan di Indonesia, sering kali yang disalahkan adalah kurikulum.
Seakan-akan kurikulum adalah lampu Aladin untuk membenahi pendidikan nasional.[9]
Kurikulum mempunyai
kedudukan sentral dalam seluruh proses pendidikan. Kurikulum mengarahkan segala
bentuk aktifitas pendidikan demi tercapainya tujuan-tujuan pendidikan.
Kurikulum juga merupakan suatu rencana pendidikan, memberikan pedoman dan
pegangan tentang jenis, lingkup dan urutan isi, serta proses pendidikan.[10]
[1] Rhoviq, Dip. T. 1982. Menyusuri
Jalur  Pembangunan dan Inovasi Pendidikan
di Kawasan Dunia Ketiga. Surabaya: Usaha Nasional, hlm.125
[2] Kamus Besar  Bahasa Indonesia. 2002. Jakarta: Balai
Pustaka. Edisi III, hlm. 435.
[3] Widodo. 2002. Kamus Ilmiah Populer
. Yogyakarta: Absolut, hlm. 234.
[4] Sanjaya, Wina. (2009)., Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana
Prenada. hal. 217
[5] Kusmana, Suherli, Ciamis :
pascasarjana unigal press, 2010, hal. 4.
[6] Komariah,  Aan 
dan  Triatna,  Cepi. 
2005.  Visionary
Leadership  Menuju  Sekolah Efektif . Jakarta.:PT. Bumi
Aksara., hlm. 19
[7] Sabari. 1992. Sekelumit Tentang
Inovasi Pendidik an. Wahana. IV(2), hlm. 37-38
[9] Tilaar, Pendidikan Kebudayaan
Dan Masyarakat Madani Indonesia, Bandung : PT Remaja   Rosdakarya, 2000, hal. 362
[10] Sukmadinata, Nana Syaodih. (2001), Pengembangan Kurikulum: Teori dan
Praktik, Bandung: Rosdakarya., hal. 4
0 Response to "INOVASI KURIKULUM"
Post a Comment