MANFAAT DARI TIRAKAT

MANFAAT DARI TIRAKAT

KH. Abdulloh Faqih pemangku Pondok pesantren Langitan menjelaskan tentang keutamaan tirakat bagi para penuntut ilmu sebagai berikut:
 "Santri iku kudu tirakat. Sebab, santri nek gelem tirakat, ilmune bakal mencorong, iso dialap manfaat karo wong akeh, tur nek ajak-ajak wong liyo, yo bakal digugu lan dipercoyo."
Santri itu harus tirakat. Sebab, kalau santri mau tirakat, ilmunya akan terpancar, bisa diambil manfaat oleh banyak orang, dan jika mengajak orang lain juga akan diperhatikan dan dipercaya.

menjadi santri itu harus mau bertirakat, kaena santri itu kalau mau bertirakat, maka ilmunya akan bersinar, banyak diambil manfaat oleh masyarakat, dan kalau berdakwah juga akan mudah dipercaya dan diikuti.

jika santri tidak mau bertirakat, dan hanya suka berfoya foya ketika di pesantren, serta malas belajar, maka ilmunya kurang bermanfaat, susah untuk berdakwah di masyarakat. dan menyebabkan hidupnya sengsara kelak.


@Dawuh Syaikhina KH. Abdullah Faqih di mushola agung Pondok Pesantren Langitan
(11 Muharrom 1429 H/28 Januari 2008)
------------- --------------------
----------------------------------

berikut uraian tirakat dan manfaatnya menurut keyakinan masyarakat jawa kuno (kejawen).
Kehidupan manusia di dunia ini hanya sementara saja, suatu kelak kita juga pasti akan kembali ke asal kita yaitu kepada sang pencipta. bila hanya sendiri, sejatinya manusia hidup ini tidak punya apa-apa dan bukan siapa-siapa lemah serta tidak berdaya. oleh sebab itu, manusia hidup harus bersandar kepada kekuatan serta kekuasaan sang pencipta.
Sebenarnya, laku dari tirakat atau laku prihatin adalah sebuah usaha manusia untuk menuju ke jalan sang pencipta agar selalu selaras terhadap ajaran budi pekerti serta tidak terlena terhadap kenikmatan duniawi semata. serta dapat di kabulkan segala hajat yang selama ini di cita-citakan.
Proses laku tirakat bisa mendorong sifat serta perilaku manusia untuk selalu bersikap yang positif serta bisa menjauhi hal-hal yang negatif. demi untuk menjaga lingkungan serta tercapainya keinginan hidup.laku tirakat atau laku prihatin, tujuanya adalah untuk mengasah serta menjaga sikap hati dan batin yang sehari-harinya di lakukan tanpa kelihatan dan tidak terucap di dalam kata-kata.

Manfaat dari laku tirakat antara lain sebagai berikut ini.
·     Mampu menjaga hati dan batin serta bisa membuang sifat iri, dengki, kikir dan menjadikan batin menjadi tulus dan ikhlas.
·         Prihatin, atau hidup yang sederhana, tidak serakah, tamak, dendam dan bisa selalu bersyukur atas rezeki atau apa yang di milikinya.
·         laku mengurangi makan dan tidur.
·         Tidak selalu mengejar kesenangan hidup semata,
·         Tetap menjaga sikap selalu iling lan waspada.
·         Mampu mengangkat derajat seseorang.
·         Memancarkan aura Batin yang sangat kuat, sehingga mampu di takuti seluruh makluk gaib.

Laku tirakat di maksudkan menjadikan diri menjadi bersih baik lahir maupun batin, jika tujuanya laku tersebut untuk kebatinan atau olah batin, akan meningkatkan ketajaman serta kepakaan batin dan mampu mendekatkan kita dengan saudara kembar kita yaitu "kakang kawah adi ari-ari" agar selalu di jaga, di emong dan di berikan petunjuk menuju jalan kebenaran. serta mampu menangkap firasat yang tersembunyi di alam gaib, peka terhadap petunjuk gaib dan yang paling penting peka terhadap tanda-tanda Alam.

Related Posts:

0 Response to "MANFAAT DARI TIRAKAT"