CARA MUDAH MEMBUAT SCREENSHOT DI LAPTOP

CARA MUDAH MEMBUAT SCREENSHOT DI LAPTOP

Zaman sekarang serba canggih, hal itu ditandai dengan bermunculannya berbagai macam produk teknologi, sebut saja salah satunya adalah handphone. perkembangan hp ini sangat pesat, dan sekarang yang paling banyak diminati oleh masyarakat adalah jenis android dengan layar lebar dan aplikasi yang banyak membuat android sangat diminati oleh semua kalangan, mulai dari orang tua, remaja, sampai anak anak semua di manapun tak pernah lepas dari yang namanya hp android, bisa dibilang kekasih kedua.. hehe..
Salah satu kecanggihan android adalah bisa dipakai untuk mengambil gambar pada layar, atau istilahnya screenshot. saya yakin para pembaca sudah pada tahu bagaimana cara mengambil screenshot di android, caranya berbeda beda tergantung merk androidnya, ada yang pakai tombol volume + tombol kunci dan lain sebagainya.
Setelah tahu tentang cara screenshot pada hp android, lalu bagaimana cara screenshot pada layar komputer atau laptop? Bisa tidak memotret  layar komputer menjadi gambar dan disimpan ke dalam file? Atau bisa tidak melakukan screenshot pada satu window saja, bukan keseluruhan layar? Ternyata hal tersebut bisa dilakukan dengan cara yang relatif mudah tanpa harus menginstal program yang berat dan rumit.
Pada prinsipnya kita bisa memotret layar lalu menyimpannya ke dalam file atau sekedar dikopi saja dan ditaruh pada lembar kerja kita. Untuk memotret layar komputer (screenshot) kemudian menyimpannya menjadi file gambar, kita tinggal capture layar monitor lalu mengambil gambarnya melalui software grafis seperti photoshop atau mspaint. Dan jika kita tidak berniat untuk menyimpannya, hasil capture tadi bisa  langsung dimasukkan pada software yang membutuhkan gambar tersebut, misal ditaruh pada microsoft word.
Berbeda dengan screenshot pada HP Android yang mengambil keseluruhan layar, pada komputer bisa dipilih mau screenshot keseluruhan layar atau mau screenshot satu window aplikasi saja
pada posting kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara membuat screenshot di laptop, atau mengambil gambar pada layar laptop kita, kalau screenshot di hp mungkin anda semua sudah sering melakukannya, tapi banyak di antara anda yang masih bingung bagaimana cara mengambil sceenshot dari laptop.
berikut ini caranya, perhatikan dengan teliti...

1. siapkan laptop dan komputer anda, kemudian nyalakan dan buka pada layar yang ingin anda ambil screenshotnya.

2. kemudian lihat pada keyboard laptop/komputer anda, cari tombol "Prt Sc", biasanya terletak di barisan tombol keyboard paling atas. karena masing masing merk laptop berbeda letak tombol keyboardnya. kalau sudah ketemu tekan tombol tersebut, (perhatikan lingkaran warna kuning pada gambar di bawah ini)


3. selanjutnya buka aplikasi "Paint" di laptop anda, kalau kesulitan silahkan search aja, ketik paint, maka akan muncul aplikasi ini. setelah terbuka kemudian paste atau tekan control + V pada aplikasi paint yang sudah terbuka tersebut. sebenarnya bukan hanya pada paint, anda juga dapat paste di word atau lainnya, tapi ketika anda mau mengedit maka disarankan paste pada "Paint" ini, karena lebih mudah untuk diedit.
dan ketika hanya sebagian dari gambar layar itu yang mau anda ambil maka anda tinggal memotongnya, klik Crop pada toolbar di atas, dan letakkan crop itu pada gambar yang anda inginkan.

perhatikan gambar di bawah ini..



4. setelah selesai silahkan anda simpan gambar tersebut di lokasi yang anda inginkan dari laptop dan komputer anda.

5. selesai

tutorial di atas adalah salah satu cara untuk mengambil screenshot di laptop dan komputer, dan termasuk cara yang paling mudah dan cepat. 

demikian tadi cara mengambil screenshot di laptop dengan mudah, saya yakin semua pembaca bisa memahaminya, silahkan dipraktekkan saat anda suatu saat membutuhkan tutorial ini.


semoga bermanfaat..



Related Posts:

0 Response to "CARA MUDAH MEMBUAT SCREENSHOT DI LAPTOP"